Bagaimana Menghilangkan Ketombe (Obat Alami yang Efektif)


Perasaan gatal, tidak nyaman dan serpihan sedap dipandang yang datang dengan ketombe cepat menjadi tua. Perawatan konvensional seperti shampo, steroid, dan tar batubara dapat membantu, tetapi mereka jauh dari alami atau aman. Cara menghilangkan ketombe

Sampo alami sulit ditemukan dan beberapa pilihan yang layak sangat mahal. Obat-obat ketombe alami ini menggunakan bahan-bahan efektif seperti cuka sari apel dan minyak esensial anti jamur untuk cara mengendalikannya secara alami.

Apa Ketombe dan Apa Penyebabnya?

Untuk benar-benar memahami cara kerja obat ketombe, ada baiknya untuk mengetahui penyebabnya. Sekitar 50% orang memilikinya, jadi masalahnya tersebar luas. Eksposur lingkungan, pilihan makanan, dan genetika semua memainkan peran. Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa disfungsi mikrobiom usus berperan dalam produksi ketombe.

Cara menghilangkan Ketombe biasanya merupakan pertumbuhan berlebih dari jamur malassezia di kulit kepala, dan itu juga bisa disebabkan oleh kulit kering. Ini melibatkan penumpahan sejumlah serpihan kulit yang berlebihan. Dermatitis seborheik adalah jenis ketombe di mana serpihan berminyak dan putih atau kuning, dengan kulit kepala merah, iritasi. Secara teori, menghentikan jamur dapat membantu menyelesaikan masalah.

Shampo ketombe tradisional sering termasuk bahan kimia keras yang dirancang untuk melawan jamur. Untungnya, ada pilihan alami yang bekerja dengan baik tanpa bahaya.

Bagaimana Menghilangkan Ketombe karena ketombe disebabkan oleh mikroba dan kulit kepala kering, agen anti-jamur dan pelembab membantu. Apapun obat yang digunakan, konsistensi adalah kunci. Perbaikan dapat dilihat setelah penggunaan pertama, tetapi solusi alami ini harus digunakan dalam jangka panjang untuk hasil terbaik. Sebagian besar penelitian menunjukkan keberhasilan paling besar ketika digunakan selama tiga hingga enam bulan (atau lebih lama).


Madu Mentah

Madu mentah adalah pembangkit tenaga nutrisi dengan protein, asam amino, vitamin, enzim, dan mineral. Madu telah digunakan sebagai makanan dan obat-obatan sejak peradaban paling awal. Madu mentah bersifat emolien, humektan, penyembuhan, antimikroba, dan menenangkan kulit kepala, sekaligus mengkondisikan rambut. Zat manis yang lengket ini juga membantu mencegah infeksi patogen dan menjaga mikroba yang menyebabkan ketombe di cek.

Cara Menggunakan Madu Mentah untuk Ketombe

Karena madu sangat tebal dan lengket sendiri, madu harus diencerkan sebelum digunakan.

Campurkan 1-2 TBSP madu (saya menggunakan madu organik dan madu tanpa filter ini) dengan 2/3 cangkir air hangat dan aduk hingga larut.

Bilas rambut dengan campuran madu dan gunakan jari untuk mengolahnya melalui rambut dan di atas kulit kepala.

Minyak esensial

Kita semua tahu bahwa minyak esensial dapat digunakan untuk banyak solusi alami, dan ini tidak terkecuali! Saya suka memesan minyak esensial organik dari sini dan sering memesan botol besar sehingga saya memilikinya untuk digunakan dalam resep.

Minyak Esensial Tea Tree

Minyak Tea Tree telah lama digunakan untuk kulit kepala dan kondisi kulit karena sifatnya yang kuat membersihkan dan anti-jamur. Satu studi tahun 2011 menemukan bahwa minyak esensial tea tree efektif terhadap semua spesies malassezia yang menyebabkan ketombe yang diuji. Tidak banyak yang dibutuhkan baik untuk hasil yang terlihat. Para peneliti menemukan bahwa hanya pengenceran 0,25% dari pohon teh menghambat jamur yang dapat menyebabkan ketombe. Untuk tujuan praktis, ini akan menjadi sekitar 6 tetes minyak esensial untuk setiap ½ cangkir pembawa.

Minyak Esensial jeruk lemon

Seperti pohon teh, serai memiliki sifat anti-jamur. Studi ini dilakukan di Thailand untuk menguji bagaimana minyak serai minyak serai dilakukan terhadap strain jamur furfur malasezzia. Para peneliti menetap pada pengenceran 2% untuk menghambat jamur, namun studi lain dari 30 peserta menemukan bahwa larutan 10% adalah yang paling efektif melawan ketombe. Esensial jeruk lemon bisa digunakan juga untuk beberapa perawatan lainnya, baca artikel kami di intiptrik untuk lebih jelasnya.

Minyak Esensial Kemenyan

Sebuah studi 2016 mengevaluasi 9 minyak esensial yang berbeda untuk melihat bagaimana mereka tampil melawan berbagai mikro-organisme. Minyak atsiri kemenyan mengalahkan sisanya dan menghambat kandida, malasezzia, dan bahkan staph biofilm. Beberapa peneliti percaya bahwa pertumbuhan bakteri staph yang berlebihan juga dapat memainkan peran besar dalam ketombe. Kemenyan sangat menenangkan dan menenangkan, membuatnya sempurna untuk kulit kepala yang teriritasi.

Cara Menggunakan Minyak Atsiri untuk Ketombe

Karena minyak esensial sangat terkonsentrasi, selalu encer sebelum digunakan. Ada banyak cara berbeda untuk memasukkannya ke dalam obat ketombe, jadi saya menyertakan beberapa opsi di bawah ini.

Tambahkan minyak esensial pilihan ke beberapa madu mentah dan aduk rata untuk menggabungkan. Kemudian encerkan dengan air hangat dan gunakan sebagai bilas rambut sesuai instruksi sebelumnya di artikel ini. Madu mentah tidak mengandung lemak, tetapi sebagai gula itu juga akan mendispersi minyak esensial.

Tambahkan minyak esensial pilihan ke minyak pembawa, seperti almond manis atau minyak biji anggur, lalu aplikasikan ke kulit kepala. Bagian rambut kemudian oleskan sedikit minyak ke kulit kepala. Kemudian bagikan lagi sekitar ½ inci dan ulangi sampai seluruh kulit kepala tertutup.
Tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke sampo atau kondisioner Anda dan cuci seperti biasa. Biarkan campuran tersebut menempel di kulit kepala selama sekitar 5 menit sebelum membilas.
Probiotik


Sebuah penelitian di Hungaria menemukan bahwa probiotik mengurangi keseluruhan gejala ketombe sebesar 57%. Strain digunakan membantu mengatur fungsi kekebalan kulit dan mengurangi kulit kepala gatal dan berminyak. Seiring waktu, jumlah ragi malassezia menurun, begitu pula iritasi dan kemerahan.

Komentar