Manfaat Bermain Playground Anak Terstruktur untuk Tumbuh Kembangnya


Waktu bermain terstruktur mengacu pada saat-saat anak-anak dituntun dalam bermain dengan hasil yang diinginkan dalam pikiran, seperti ketika waktu bermain digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dalam senam, misalnya. Waktu bermain yang terstruktur membantu anak-anak mempelajari tugas-tugas yang berorientasi pada tujuan atau kecakapan hidup yang akan mereka butuhkan seiring dengan bertambahnya usia mereka. Ini juga merupakan waktu ikatan bagi anak-anak dan orang tua mereka. Ini adalah alat yang sangat berguna untuk rumah tangga orang tua tunggal yang perlu menggunakan waktu terbatas untuk memberikan manfaat optimal bagi anak-anak mereka.

Hal yang baik tentang waktu bermain yang terstruktur adalah bahwa hal itu dapat diimplementasikan ke dalam rutinitas sehari-hari oleh orang tua, kakek-nenek dan anggota keluarga lainnya yang ingin terlibat. Ini bukan sesuatu yang harus direncanakan di sekitar, juga tidak perlu mengambil waktu yang lebih berharga daripada yang diperlukan.

Bermain playground anak terencana menguntungkan anak-anak dalam beberapa cara. Ini adalah cara untuk membawa figur otoritas dan anak-anak bersama dalam cara yang menyenangkan. Ini akan menguntungkan anak-anak nantinya, saat mereka dewasa dan harus mampu mendekati figur otoritas mereka untuk dewan dan bimbingan yang dibutuhkan.

Selama bermain mainan playground, ada tujuan yang harus diperoleh tetapi anak-anak masih dapat menikmati diri mereka sendiri dan bersenang-senang dalam mempelajari keterampilan baru atau mencapai tujuan baru itu. Ini diterjemahkan menjadi rasa harga diri dan kepercayaan diri yang lebih tinggi.

Waktu bermain yang terstruktur juga dapat membantu anak-anak belajar mengatasi situasi sosial yang tidak nyaman bagi mereka. Peluang-peluang ini akan membantu mereka ketika mereka tumbuh dan memberi mereka banyak informasi yang membantu mereka menahan diri dari intimidasi sebagai mekanisme pertahanan atau sebagai keinginan alami.

Jenis permainan ini juga dapat membantu menciptakan rasa persatuan di antara anak-anak dan teman-teman mereka. Sementara di sekolah dan pengaturan sosial lainnya, waktu mereka terstruktur tetapi tidak ada banyak ruang untuk bersosialisasi. Melalui jenis permainan yang tepat, mereka diperkenalkan kepada anak-anak lain yang mungkin tidak pernah mereka ajak bicara. Mereka dibantu ke dalam pengaturan kelompok yang memberi perasaan aman dan inklusi.

Waktu terstruktur dapat sesederhana saat berjalan atau berayun di ayunan di tanah bermain, tergantung pada tujuan yang diinginkan. Mereka juga bisa lebih kompleks, seperti belajar menyulap atau menari. Latihan-latihan ini memberi perhatian pada anak-anak yang mereka dambakan sambil membantu mereka melepaskan sebagian ketegangan dan energi yang mereka miliki.

Komentar