Waktu bermain terstruktur mengacu pada saat-saat anak-anak
dituntun dalam bermain dengan hasil yang diinginkan dalam pikiran, seperti
ketika waktu bermain digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dalam senam,
misalnya. Waktu bermain yang terstruktur membantu anak-anak mempelajari
tugas-tugas yang berorientasi pada tujuan atau kecakapan hidup yang akan mereka
butuhkan seiring dengan bertambahnya usia mereka. Ini juga merupakan waktu
ikatan bagi anak-anak dan orang tua mereka. Ini adalah alat yang sangat berguna
untuk rumah tangga orang tua tunggal yang perlu menggunakan waktu terbatas
untuk memberikan manfaat optimal bagi anak-anak mereka.
Hal yang baik tentang waktu bermain yang terstruktur adalah
bahwa hal itu dapat diimplementasikan ke dalam rutinitas sehari-hari oleh orang
tua, kakek-nenek dan anggota keluarga lainnya yang ingin terlibat. Ini bukan
sesuatu yang harus direncanakan di sekitar, juga tidak perlu mengambil waktu
yang lebih berharga daripada yang diperlukan.
Bermain playground
anak terencana menguntungkan anak-anak dalam beberapa cara. Ini adalah cara
untuk membawa figur otoritas dan anak-anak bersama dalam cara yang
menyenangkan. Ini akan menguntungkan anak-anak nantinya, saat mereka dewasa dan
harus mampu mendekati figur otoritas mereka untuk dewan dan bimbingan yang
dibutuhkan.
Selama bermain mainan
playground, ada tujuan yang harus diperoleh tetapi anak-anak masih dapat
menikmati diri mereka sendiri dan bersenang-senang dalam mempelajari
keterampilan baru atau mencapai tujuan baru itu. Ini diterjemahkan menjadi rasa
harga diri dan kepercayaan diri yang lebih tinggi.
Waktu bermain yang terstruktur juga dapat membantu anak-anak
belajar mengatasi situasi sosial yang tidak nyaman bagi mereka. Peluang-peluang
ini akan membantu mereka ketika mereka tumbuh dan memberi mereka banyak
informasi yang membantu mereka menahan diri dari intimidasi sebagai mekanisme
pertahanan atau sebagai keinginan alami.
Jenis permainan ini juga dapat membantu menciptakan rasa
persatuan di antara anak-anak dan teman-teman mereka. Sementara di sekolah dan
pengaturan sosial lainnya, waktu mereka terstruktur tetapi tidak ada banyak
ruang untuk bersosialisasi. Melalui jenis permainan yang tepat, mereka
diperkenalkan kepada anak-anak lain yang mungkin tidak pernah mereka ajak
bicara. Mereka dibantu ke dalam pengaturan kelompok yang memberi perasaan aman
dan inklusi.
Waktu terstruktur dapat sesederhana saat berjalan atau
berayun di ayunan di tanah bermain, tergantung pada tujuan yang diinginkan.
Mereka juga bisa lebih kompleks, seperti belajar menyulap atau menari.
Latihan-latihan ini memberi perhatian pada anak-anak yang mereka dambakan
sambil membantu mereka melepaskan sebagian ketegangan dan energi yang mereka
miliki.
Komentar
Posting Komentar