Cara Menghentikan Gigi Grinding


Membersihkan gigi Anda mungkin tampak seperti kebiasaan yang tidak berbahaya, tetapi seiring waktu, semua yang aus dan robek dapat menghancurkan enamel, menempatkan stres yang signifikan pada otot rahang dan sendi dan bahkan menyebabkan rahang dan sakit kepala yang persisten.
Namun, seperti kebanyakan kebiasaan, mempelajari cara memutihkan gigi dan cara menghentikan menggertakkan gigi bisa sangat sulit. Ini dimulai dengan memahami mengapa Anda mengembangkan kebiasaan di tempat pertama.

Menekankan
Saat ini, sebagian besar dari kita menghadapi beberapa tingkat stres hampir setiap hari. Sementara beberapa orang mungkin menggigit kuku mereka atau memutar rambut mereka, yang lain beralih ke penggilingan gigi sebagai cara untuk melepaskan stres.

Gangguan tidur
Beberapa jenis gangguan tidur, termasuk apnea, juga dapat menyebabkan Anda menggiling gigi. Bahkan, bagi orang-orang yang tidak tahu mereka menderita apnea, tanda-tanda penggilingan yang ditemukan selama evaluasi gigi sering menjadi indikasi pertama mereka memiliki kondisi tersebut.

Obat kondisi kesehatan
Beberapa antidepresan telah dikaitkan dengan kebiasaan menggiling gigi, dan penyakit tertentu termasuk gangguan neurologis juga dapat menyebabkan penggilingan.

Menggigit misalignment
Gigi bengkok mungkin merupakan penyebab penggilingan nomor satu, dan alasannya sederhana: Gigi Anda berpasangan - untuk setiap gigi atas, ada gigi bawah yang "cocok". Ketika Anda mengunyah atau menggigit, gigi-geligi itu dirancang untuk menyatu dan bertemu dengan cara tertentu. Ketika gigi Anda bengkok atau tidak sejajar, atau jika Anda kehilangan gigi, mulut Anda secara alami mencoba untuk “berbaris” sebaik mungkin - dan itu bisa berarti menggiling.

Sekarang setelah Anda memahami penyebab umum penggilingan, berikut beberapa kiat untuk membantu Anda mengatasi kebiasaan tersebut hingga Anda dapat menemukan solusi permanen:

1. Apakah gigitan Anda dievaluasi

Lakukan pemeriksaan gigi untuk membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab yang berhubungan dengan gigi. Dokter gigi Anda dapat memeriksa tanda-tanda keausan dan ketidaksejajaran yang dapat menjadi akar dari kebiasaan Anda, serta menyarankan jenis evaluasi lain seperti studi tidur untuk memeriksa apnea.

2. Belajarlah untuk mengelola stres Anda

Beberapa orang bisa mengatasi stres secara alami, untuk orang lain, stres dapat menyebabkan masalah dan kebiasaan kesehatan yang signifikan, termasuk menggertakkan gigi. Jika Anda merasa perlu bantuan untuk mengatasi stres Anda, pertimbangkan yoga atau meditasi untuk menenangkan diri dan mengurangi kecemasan sehingga Anda tidak sadar beralih ke grinding. Jika Anda menggigil saat tidur, cobalah mandi santai sebelum masuk. Olahraga teratur juga merupakan penghilang stres yang hebat.

3. Cari konseling

Dalam beberapa kasus, mengambil kelas dalam yoga atau meditasi mungkin tidak cukup untuk membantu Anda belajar mengatasi stres. Melihat seorang profesional kesehatan mental dapat memberi Anda alat baru yang efektif, termasuk self-hypnosis, latihan imajinasi terpandu dan percakapan yang baik dan kuno dengan seorang profesional yang terampil yang dapat membantu Anda memahami stres Anda dan belajar mengelolanya dengan sukses.

4. Sadarilah

Tips ini mungkin terdengar jelas, tetapi cobalah untuk memahami kapan dan mengapa Anda menggertakkan gigi di siang hari. Misalnya, mungkin ada waktu atau peristiwa yang memicu penggilingan. Setelah Anda mengidentifikasi pemicu, Anda dapat melakukan upaya sadar untuk menghindari penggilingan.

5. Istirahatkan otot rahang Anda

Jika Anda merasa tidak enak atau sakit kepala, cobalah memijat otot rahang Anda atau kompres hangat ke area rahang untuk mengendurkan otot dan menghilangkan rasa sakit. Mengonsumsi pereda nyeri yang dijual bebas juga dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

6. Kenakan penjaga malam

Dalam beberapa kasus, seperti ketika penyakit, obat-obatan atau stres kronis adalah penyebab yang mendasari kebiasaan penggilingan Anda, menggunakan pelindung mulut untuk penggilingan gigi mungkin merupakan cara terbaik untuk mencegah stres pada rahang Anda dan menghindari keausan dan sakit kepala yang berlebihan. Setiap penjaga malam dirancang khusus agar mereka sesuai dengan nyaman berdasarkan pola gigitan setiap pasien. Dipakai di malam hari, pengupas gigi untuk menggiling gigi dapat mencegah kebiasaan bahkan ketika Anda tidak sadar bahwa Anda memanjakan diri.

7. Tanyakan kepada dokter gigi Anda tentang menyetel ulang gigitan Anda

Jika gigitan Anda tidak sejajar atau gigi Anda hilang, cara terbaik untuk mencegah penggilingan adalah dengan memperbaiki masalah tersebut. Ortodonti, jembatan, topi, mahkota, dan gigi tiruan sebagian dapat membantu gigi Anda mencapai keselarasan ideal yang seharusnya mereka miliki, yang berarti rahang Anda tidak akan terus-menerus bergeser, mencoba "menggarisbawahi" dengan menggiling.

Penggilingan gigi lebih dari kebiasaan menyebalkan; dibiarkan tanpa perawatan, dapat merusak permukaan gigi, meninggalkan gigi yang terkena pembusukan dan akhirnya menyebabkan gigi tanggal. Ini juga dapat menyebabkan sakit kepala kronis dan memainkan peran yang berkontribusi dalam gangguan sendi temporomandibular (TMJ).

Langkah pertama dalam menendang kebiasaan menggertakkan gigi adalah menemui dokter gigi Anda untuk evaluasi gigitan lengkap. Jika Anda menggertakkan gigi atau jika Anda memiliki nyeri rahang yang persisten atau sakit kepala, jangan menunda perawatan: Hubungi kantor kami hari ini untuk menjadwalkan janji dan mulai merasa lebih baik.

Komentar